Juli 08 2019 0Comment

Metode Real-Time Kinematic (RTK)

Apa itu RTK (Real-Time Kinematic) GNSS?

RTK GNSS adalah singkatan dari Real-Time Kinematic Global Navigation Sattelite System. Real Time artinya pada saat itu juga dan kinematis artinya bergerak. Sehingga bisa diartikan penentuan posisi metode RTK adalah penentuan posisi yang dapat memperoleh koordinat saat itu juga, walapun dalam kondisi alat bergerak-gerak.

 

Bagaimana konsep perhitungannya?

Konsep dasar perhitungannya adalah dengan menentukan jarak dari jumlah siklus gelombang carrier antara antara satelit dengan rover, kemudian dikalikan dengan panjang gelombang carrier sehingga diperoleh jarak satelit ke rover seperti pada gambar ilustrasi konsep RTK.

 

Ilustrasi Konsep RTK

 

Rentang yang dihitung masih terdapat beberapa faktor kesalahan seperti jam satelit dan ephemerides, ionosfer, dan delay troposfer. Untuk menghilangkan kesalahan ini dan meningkatkan kepresisian, kinerja RTK memerlukan pengukuran yang dari stasiun base ke stasiun rover seperti pada ilustrasi konsep RTK.

Proses rumit yang disebut “resolusi ambiguitas” diperlukan untuk menentukan jumlah seluruh siklus. Meskipun prosesnya kompleks, receiver GNSS yang memiliki ketelitian tinggi dapat menyelesaikan ambiguitas hampir secara instan.

Rovers menentukan posisi mereka menggunakan algoritma yang menggabungkan resolusi ambiguitas dan koreksi diferensial. Seperti halnya DGNSS, akurasi posisi yang dapat dicapai oleh rover tergantung pada¬† jaraknya dari stasiun base (disebut sebagai “baseline“) dan keakuratan dari koreksi diferensial. Koreksi RTK juga bergantung dari koordinat yang diketahui stasiun base dan kualitas pengamatan satelit stasiun base. Pemilihan lokasi penting untuk meminimalkan efek lingkungan seperti interferensi dan multipath, yang dapat mempengaruhi ketelitan stasiun base dan rover.

 

 

Bagaimana akurasi dari RTK?

Penentuan posisi metode RTK memiliki ketelitian yang cukup baik dalam berbagai aplikasi. Sebagai contoh receiver GNSS Geodetik Sino GNSS T300 memiliki spesifikasi ketelitian horizontal 8 mm + 1 ppm dan vertikal 15mm + 1ppm

Aplikasi RTK GNSS?

RTK GNSS banyak dimanfaatkan ke dalam berbagai penentuan posisi. Seperti penentuan posisi survei batimetri, penetapan batas wilayah, batas hutan, pengukuran GCP untuk fotogrametri, ataupun pendaftaran tanah.

 

Sumber:

https://www.novatel.com/an-introduction-to-gnss/chapter-5-resolving-errors/real-time-kinematic-rtk/

 

Tags: ,

admin

Write a Reply or Comment