Juni 21 2019 0Comment

Mengenal Sistem InaCORS

InaCORS Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komponen yaitu perangkat stasiun di lapangan, server, jaringan komunikasi, dan pengguna. Dari seluruh stasiun InaCORS yang tersebar di seluruh Indonesia, semua data mengalir ke server BIG melalui komunikasi internet. Setelah data masuk ke server BIG, maka proses pemantauan kondisi stasiun InaCORS dapat dilakukan untuk memastikan seluruhnya berfungsi optimal. Stasiun yang mengalami kendala akan segera diperbaiki agar kembali berfungsi. Data yang dihasilkan di server BIG kemudian digunakan oleh pengguna, baik untuk layanan pengolahan secara post processing atau layanan koreksi ketika pengukuran menggunakan metode RTK.

 

Alur Pengelolaan InaCORS

 

Stasiun InaCORS di lapangan terdiri atas perangkat outdoor dan perangkat indoor. Perangkat outdoor terdiri atas antena GNSS dan sensor meteorologi. Antena GNSS terpasang di atas pilar sedangkan sensor meteorologi berada di dekat lokasi pilar antena. Perangkat indoor terletak dalam box perangkat yang terdiri atas sistem power, receiver GNSS, dan perangkat telekomunikasi.

 

Perangkat InaCORS

 

InaCORS dikelola oleh Badan Informasi Geospasial, tepatnya di Bidang Geodinamika Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika, yang berlokasi di Jl Raya Jakarta – Bogor km 46, Cibinong. Setelah dibangun, stasiun InaCORS dikelola agar beroperasi dengan baik selama 24jam/7 hari dan mampu melayani pengguna dengan standar pelayanan ketersediaan data 95% untuk stasiun yang online. Pengelolaan tersebut dilaksanakan melalui sejumlah kegiatan, antara lain:

 

  • Monitoring Stasiun merupakan kegiatan pemantauan untuk memastikan seluruh perangkat stasiun InaCORS berada dalam kondisi baik dan berfungsi normal, dengan melihat status ketersediaan data stasiun setiap hari.
  • Perawatan Rutin dan Perbaikan, Agar dapat beroperasi secara terus-menerus dengan baik, stasiun InaCORS perlu dirawat secara berkala. Apabila terjadi kerusakan maka stasiun harus segera diperbaiki agar dapat berfungsi kembali, dengan jenis perbaikan yang sesuai terhadap kerusakan yang terjadi

  • Manajemen Data Setiap hari, stasiun InaCORS menghasilkan data raw 30 detik yang dikonversi menjadi data RINEX. Data RINEX diolah untuk memelihara sistem referensi geospasial serta digunakan untuk pelayanan apabila ada pengguna yang membutuhkan. Selain itu, stasiun InaCORS dengan kemampuan untuk melayani koreksi RTCM (Radio Technical Commission for Maritime Services) untuk layanan RTK (Real Time Kinematic) juga menghasilkan data streaming setiap jamnya. Seluruh data CORS tersebut sejak pertama kali tersedia dikelola melalui suatu sistem manajemen data GNSS dalam server data InaCORS. Termasuk dalam kegiatan manajemen data adalah pengelolaan informasi metadata. Metadata InaCORS yang berisi informasi mendetail tentang setiap perangkat yang terpasang di seluruh stasiun InaCORS diperbarui secara berkala ketika terjadi perubahan status stasiun InaCORS.

 

  • Pengolahan Data InaCORSData, InaCORS berupa data GNSS diolah menggunakan perangkat lunak ilmiah GAMIT/GLOBK bersama dengan data GNSS dari stasiun IGS (International GNSS Service). Proses pengolahan melibatkan beberapa jenis data untuk memastikan hasil yang diperoleh memenuhi standar ketelitian yang ditetapkan. Hasil dari kegiatan pengolahan data GNSS tersebut berupa koordinat definitif serta vektor kecepatan perubahan dalam datum yang digunakan. Indonesia telah melakukan perubahan datum nasional mulai dari ID74 menjadi DGN95 dan terakhir, yang saat ini digunakan, adalah SRGI2013.

  • Pemutakhiran Informasi, Seluruh stasiun InaCORS baik yang memiliki komunikasi data online maupun offline disebarluaskan informasinya melalui http://srgi.big.go.id/srgi2/jkg (web SRGI), sedangkan stasiun yang memiliki komunikasi data online untuk layanan RTK disajikan informasi status realtime-nya melalui http://nrtk.big.go.id/ . Deskripsi stasiun InaCORS dapat diunduh melalui web SRGI. Perubahan perangkat yang dilakukan dalam rangka pemeliharaan stasiun InaCORS dimutakhirkan informasinya di kedua web tersebut.

 

Sebaran stasiun InaCORS dan statusnya di web nrtk.big.go.id

 

  • Pelayanan Data dan Informasi InaCORS, InaCORS menghasilkan data dan informasi yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan terkait survei dan pemetaan. Produk layanan tersebut meliputi data RINEX, deskripsi stasiun InaCORS, layanan RTK, dan layanan post processing data GNSS yang dapat diakses melalui website http://srgi.big.go.id/srgi2/jkg, http://nrtk.big.go.id/, maupun melalui email ke info@big.go.id

 

Disalin ulang oleh : Anwar Ghazali, 22 Mei 2019

Sumber :

Badan Informasi Geospasial. 2018. InaCORS BIG, Satu Referensi Pemetaan Indonesia. Diakses pada tanggal 22 Mei 2019. Tersedia di : http://big.go.id/assets/download/InaCORS/InaCORS%20BIG%202018_compressed.pdf

 

 

admin

Write a Reply or Comment