Juni 24 2019 0Comment

Apa Itu RTK NTRIP?

Pada masa teknologi sekarang ini, ada beberapa macam datalink (media komunikasi) RTK. Salah satunya adalah RTK NTRIP. NTRIP adalah Networked Transport of RTCM via Internet Protocol. Protokol NTRIP dikembangkan oleh Federal Agency for Cartography and Geodesy of Germany (BKG) yang memungkinkan koneksi RTK ataupun DGPS melalui sinyal internet.

Skema NTRIP

 

Pada gambar di atas merupakan skema RTK NTRIP. Terdapat 3 bagian penting dalam NTRIP, yaitu NTRIP Server, NTRIP Caster, dan NTRIP Client.

 

  • NTRIP Server adalah PC atau komputer yang menjalankan perangkat lunak NTRIP Server yang berkomunikasi langsung dengan stasiun referensi GNSS. NTRIP Server berfungsi sebagai perantara antara penerima GNSS (NTRIP Source) yang mengalirkan data RTCM dan NTRIP Caster.
  • NTRIP Caster adalah server HTTP yang menerima streaming data RTCM dari satu atau lebih NTRIP Servers dan sebaliknya mengalirkan data RTCM ke satu atau lebih NTRIP Clients melalui internet.
  • NTRIP Client menerima streaming data RTMC dari NTRIP Caster untuk diterapkan sebagai koreksi waktu-nyata ke rover GNSS.

Penerapan RTK NTRIP sangat cocok sekali digunakan untuk daerah yang memiliki jaringan internet cukup baik (minimal 3G). Penggunaan RTK NTRIP dapat menjangkau hinggal belasan kilometer dari base, selama internet lokasi tersebut baik. Selain itu untuk mendapatkan solusi fixed, RTK NTRIP sifatnya lebih stabil dan lebih cepat jika dibandingkan dengan RTK Radio.

 

Pada pelaksanaannya, base harus memiliki kartu internet GSM pada receivernya, sedangkan rover dapat memperoleh internet dari controller yang memiliki internet (PDA CORS). Pada prinsipnya baik base ataupun rover harus memiliki IP Address, Port, dan sumber base yang sama.

Tags: ,

admin

Write a Reply or Comment