November 03 2018 0Comment

Apa itu GNSS?

Kompas Navigasi merupakan distributor resmi GNSS Sino GNSS produksi perusahaan China, Sino GNSS Tech. Namun, kamu tau ga sih apa sebenarnya GNSS itu? Apa perbedaannya dengan GPS? Mengapa orang banyak lebih familiar dengan istilah GPS?

GNSS merupakan singkatan dari Global Navigation Satellite System. Teknologi ini merupakan pengembangan sistem navigasi berbasiskan satelit. Sedangkan GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System yang merupakan jenis satelit GNSS yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Nah, seiring berkembangnya jaman, semakin banyak pula jenis satelit yang diluncurkan oleh berbagai negara. Oleh karena itu, istilah GPS saat ini digantikan dengan GNSS.

Jadi, sudah paham kan perbedaannya?

Terus, kalau begitu ada berapa banyak jenis satelit yang menggunakan sistem itu? Sejauh ini ada beberapa satelit global untuk sistem navigasi ini seperti GPS yang sempat kita bahas tadi, lalu ada Glonass milik Rusia, dan satelit Galileo milik Eropa.

Berbagai satelit navigasi mulai diluncurkan

Dulu, orang-orang sering memakai istilah GPS dikarenakan satelit keluaran Amerika tersebut merupakan pelopor dalam bidang ini. Hingga akhirnya di saat berbagai satelit navigasi lainnya diluncurkan, istilah GNSS dijadikan nama resmi untuk sistem navigasi berbasiskan satelit ini.

GPS yang memiliki nama resmi Navstar GPS sendiri mulai diluncurkan di tahun 1973 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan mulai dipakai secara luas untuk kepentingan umum di tahun 1995.

Selain, GPS ada juga Satelit GLONASS yang diluncurkan oleh Pemerintah Rusia pertama kali pada tahun 1982, lalu ada satelit Galileo yang diluncurkan Uni Eropa melalui European GNSS Agency (EGS) pertama kali di tahun 2011.

Selain 3 satelit tersebut, ada beberapa satelit yang baru bisa digunakan untuk regional tertentu saja seperti Beidou (Cina), IRNSS (India) dan QZSS (Jepang). Dan juga ke depannya, pemerintah Perancis akan meluncurkan satelit navigasi milik mereka sendiri.

Jadi, semakin banyak satelit navigasi yang mengorbit di angkasa, semakin banyak pilihan bagi kita sebagai pengguna. Semisal jika suatu saat Amerika menonaktifkan satelit GPS milik mereka, kita tidak perlu pusing lagi karena kita sudah tidak hanya bergantung pada satu satelit saja.

Jadi, sekarang sudah paham kan GNSS itu apa? Jangan salah sebut lagi yaa.

Tags:

tanto

Write a Reply or Comment